SEKOLAH ALAM LANTABUR

Dinamika Kelompok Di Alam Terbuka

Sekolah Alam Lantabur

Sekolah Alam Lantabur

Latar belakang :

Menengok kebelakang kemudian merenungi dan mengambil hikmah sejarah para nabi, Alloh senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kekasihNYA para nabi , sahabatnya dan para awwalulmu’minin melalui menyengajakan mereka ditarik dari zona nyaman dan zona rutinitas keseharian mereka

Kemudian mereka dikondisikan dialam raya ,baik hutan,gunung dan lautan serta semesta yang ada diantara langit dan bumi beserta isinya

Mereka diberi tantangan/cobaan/ujian fisik,intelektual,emosional dan spiritual melalui dinamika kelompok/jamaah dialam terbuka.

Didalam skenarioNYA, ALLOH telah menyiapkan pertolongan sebagai wujud rahmat/kasih sayang kepada kekasihNYA.

mereka diajak melewati beberapa fase : forming – storming – norming – transforming ( basa-basi – badai – normal – transformasi )

Kelemahan,kekhilafan,kejelekan,keterbatasan sebagai manusia biasa dengan segala kekurangan dan kelebihannya akan terkuak layaknya wajah asli yang telah terbuka topengnya.

Dengan berpedoman petunjuk – petunjuk dari ALLOH, mereka akhirnya dapat meredam hawa nafsu dan egoisme mereka, sehingga mereka dapat berinteraksi terhadap sesama manusia dan mahluk ALLOH lainnya dengan budipekerti yang luhur.

Akhirnya dengan idzin ALLOH, mereka mendapatkan banyak hikmah dan peningkatan nilai – nilai luhur dari ALLOH sebagai bekal mereka kembali ke zona nyaman dan zona rutinitas keseharian mereka dalam rangka beribadah mencapai husnul khotimah.

Kami berusaha untuk mengambil hikmah dan manfaat dari cerita para nabi-nabi ALLOH dengan cara mengadakan kegiatan dinamika kelompok di alam terbuka.

untuk para generasi muda khususnya dan seluruh keluarga/komunitas/kelompok/jamaah/organisasi umumnya, dalam rangka mengaplikasikan muatan – muatan nilai luhur Qur’an & Hadist.

Didalamnya kami isi dengan tantangan/cobaan/ujian, baik fisik,intelektual,emosional dan spiritual yang dikondisikan didalam permainan – permainan dialam terbuka.
Dan kami sisipi kegiatan berdzikir,mengaji,nasihat,berdo’a,bertafakur dan ibadah lainnya, yang INSYAA ALLOH akan mengahasilkan peningkatan kecerdasan intelektual,emosional dan spiritual.

Disamping dalam rangka membangun dan memperkuat kerukunan dan kekompakkan baik generasi tua maupun generasi muda
juga sebagai upaya membangun karakter generasi muda yang paham agama, berahlaqulkarimah dan mempunyai jiwa mandiri sebagai bekal hidup mulya didunia mati masuk surga selamat dari neraka.

Iklan

April 6, 2011 - Posted by | Sekolah Alam

1 Komentar »

  1. idzin copas..

    Komentar oleh ilham | Mei 4, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: